Cara BAB Duduk dan Jongkok, Lebih Baik Mana ?

Buang Air Besar atau BAB adalah kebutuhan semua makhluk hidup, seperti makan, tanpa BAB manusia akan punah. Masyakarat Indonesia sejak dulu terbiasa dengan cara BAB jongkok, baik dikebun kosong atau dikali dengan alat bantu jamban yang mirip helikopter.

sedot wc
Jamban diatas empang, sumber foto : http://wartakota.tribunnews.com
Seiring berjalannya waktu, ketika bangsa asing mulai masuk ke Indonesia, beberapa perilaku masyarakat kita juga mulai berubah. Termasuk soal cara BAB dengan jongkok. Dalam tinjauan sejarah, cara ini memang sudah turun temurun dilakukan oleh bangsa eropa sebagai peninggalan dari bangsa yunani dan romawi.

Perbandingan Cara Membuang Tinja


Sementara BAB cara jongkok dominan dilakukan disemua negara asia, kakus jongkok sendiri ditemukan di india pada peradaban india kuno 2500 SM. Dalam sudut pandang agama islam, cara BAB Jongkok dianjurkan sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Posisi Jongkok memiliki kelebihan menghadirkan rasa relaksasi setelah buang air dan menggunakan air dengan sedikit, sehingga menjadi hemat air dan lebih bersih. Sementara posisi duduk, memiliki kelebihan higienis dengan penggunaan tombol dan memiliki kekurangan boros di air serta tidak sehat untuk pembuangan urin.

Sumber : Tirto.id

Lainnya : Cara BAB Duduk dan Jongkok, Lebih Baik Mana ?